Menjelang berakhirnya semester genap tahun akademik 2024/2025, para dosen Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) mengadakan rapat akhir semester yang berlangsung pada Rabu, 12 Juni 2025. Rapat ini menjadi momentum penting untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan akademik selama satu semester sekaligus membahas berbagai agenda penting ke depan.
Suasana rapat yang berlangsung di ruang pertemuan Fakultas Sains dan Teknologi tampak serius namun tetap akrab. Dihadiri oleh seluruh dosen tetap, rapat dipimpin langsung oleh Ketua Program Studi Pendidikan Matematika. Satu per satu agenda dibahas secara rinci, dimulai dari persiapan pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS). Para dosen diminta untuk segera menyusun soal ujian, melakukan validasi, dan memastikan kesiapan pengawasan selama UAS. Semua proses diharapkan berjalan lancar dan sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan.
Selain membahas UAS, perhatian juga difokuskan pada proses bimbingan dan pelaksanaan sidang skripsi mahasiswa. Beberapa dosen menyampaikan laporan perkembangan mahasiswa bimbingannya, dan disepakati bahwa jadwal sidang skripsi akan dimulai pada awal Juli. Diskusi sempat berlangsung cukup dinamis ketika membahas teknis koordinasi antar pembimbing dan penguji agar pelaksanaan sidang berjalan efisien dan profesional.
Tak hanya berhenti pada urusan akademik harian, rapat juga menyoroti pentingnya penguatan aspek publikasi ilmiah melalui pengelolaan jurnal prodi, Pi: Mathematics Education Journal. Para dosen sepakat untuk meningkatkan kualitas dan keberlanjutan jurnal melalui peningkatan sistem review dan tata kelola naskah yang lebih baik. Kaprodi mendorong seluruh dosen untuk tidak hanya menulis artikel ilmiah sendiri, tetapi juga membimbing mahasiswa agar dapat ikut serta dalam kegiatan riset dan publikasi bersama.
Di sisi lain, pengembangan website program studi juga menjadi salah satu pokok bahasan dalam rapat. Website prodi dianggap sebagai wajah digital yang merepresentasikan kualitas dan aktivitas akademik di lingkungan Prodi Pendidikan Matematika. Karena itu, perlu dilakukan pembaruan konten secara rutin, mulai dari informasi akademik, profil dosen, hingga dokumentasi kegiatan prodi.
Rapat kemudian ditutup dengan refleksi singkat dari para dosen mengenai pelaksanaan perkuliahan di semester ini. Banyak hal yang telah dicapai, namun juga masih banyak ruang untuk perbaikan. Dengan semangat kebersamaan dan profesionalisme, seluruh dosen berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pengajaran, bimbingan, serta kontribusi akademik lainnya demi kemajuan Prodi Pendidikan Matematika Unikama ke depan. (Trija Fayeldi)