Call For Paper Vol. 2 No. 2 October 2019

Call For Paper Vol. 2 No. 2 October 2019

Pi: Mathematics Educations Journal contains scientific papers in mathematics education. It might be a dissemination of a research result, a comprehensive scientific literature review, or a review of a scientific book. The article should never have been published and is not being published in other journals. Journal is published twice a year in October and April. 

Published by Institute of Research and Community Service (LPPM) Universitas Kanjuruhan Malang which is located at Jl. S.Supriyadi No.48 Malang 65148. Journal email address. ISSN 2597-5161 (print), ISSN 2597-6915 (online)

Pengumuman Program Akhir, Pra Yudisium, Yudisium, dan Wisuda April 2019

Pengumuman

Bersama ini kami informasikan beberapa hal berikut.

  1. Pendaftaran program akhir semester ganjil tahun akademik 2018/2019 dimulai pada tanggal 15 Januari 2019 s/d 31 Januari 2019. Adapun syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:
    1. Aktif pada semester ganjil 2018/2019 (sudah menyelesaikan her-registrasi semester ganjil 2018/2019).
    2. Sudah memprogram skripsi.
    3. SKS minimal 138 SKS untuk S-1.
    4. Jumlah masa studi tidak melebihi 14 semester pada semester ganjil 2018/2019.
    5. Mahasiswa aktif yang hanya tinggal menunggu masa program akhir dikenakan biaya registrasi sesuai angkatannya. Untuk mahasiswa yang memprogram skripsi dan ujian dilakukan setelah tanggal 8 Februari 2019, harus melakukan penyusunan KRS di semester ganjil 2018/2019 dan membayar SPP 50% (bagi mahasiswa semester 9 dan seterusnya)
    6. Pengambilan dan pengumpulan berkas program akhir dilakukan mahasiswa di masing-masing program studi.
    7. Untuk lulus program sarjana, mahasiswa harus menghasilkan artikel yang diterbitkan oleh jurnal ilmiah. Plagiasi karya ilmiah yang masih ditoleransi maksimal 40%.
  2. Pra yudisium dilaksanakan pada tanggal 8 Februari 2019.
  3. Yudisium dilaksanakan tanggal 18 s/d 22 Februari 2019 di fakultas masing-masing.
  4. Wisuda dilaksanakan pada bulan April 2019.

Pengumuman Akademik

SOSIALISASI AKHIR SEMESTER GANJIL 2018/2019

Minggu Tenang : 31 Desember 2018 – 5 Januari 2019
UAS : 7 Januari – 12 Januari 2019
Entry Nilai : 7 Januari – 20 Januari 2019

PROGRAM AKHIR

Pendaftaran : 15 Januari – 31 Januari 2019
Ujian Skripsi : hingga tanggal 31 Januari 2019
Pra Yudisium : 8 Pebruari 2019
Yudisium : 18 Pebruari – 22 Pebruari 2019

SOSIALISASI SEMESTER GENAP 2018/2019

Her, KRS, Perwalian : 21 Januari – 9 Pebruari 2019
Perkuliahan : 11 Pebruari – 31 Mei 2019
UAS : 17 Juni – 21 Juni 2019

Kuliah Umum Raih PKM Dengan Penulisan Ilmiah Berkualitas”

Kamis, 13 Desember 2018, kuliah umum program studi pendidikan matematika dilaksanakan dengan bertemakan “raih PKM denganpenulisan ilmiah berkualitas”. Pemateri kuliah umum adalah Dr. Eko Suhartono,M.Si dari Universitas Lambung Mangkurat, seorang reviewer PKM nasional yang tidak diragukan lagi kemampuannya.

Pemateri PKM di antara peserta

Dalam penjelasannya, PKM terbagi menjadi 5 bidang yaitu PKM-P (Penelitian), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-T (Penerapan Teknologi),PKM-M (Pengabdian Masyarakat), dan PKM-KC (Karya Cipta). Untuk penelitian(PKM-P) dibedakan menjadi eksakta (PKM-E) dan sosial humaniora (PKM-PSH).Selain itu, dalam PKM juga ada PKM-AI (Artikel Ilmiah) dan PKM-GT (GagasanTertulis). Narasumber dalam pemaparannya juga menjelaskan tiga pilar utama PKMantara lain topik/gagasan, hal yang sudah ada, dan metodologi/eksekusi.

Suasana kuliah umum

Kegiatan kuliah umum berlangsung dengan baik dan dihadiri oleh 50 mahasiswa pendidikan matematika berbagai angkatan. Mahasiswa sebagai peserta kuliah umum juga antusias mengikuti jalannya kuliah umum dari awal hingga acara selesai. Ini terlihat dari banyak dan ragam pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa.

Mahasiswa Baru Jalin Silaturahmi Melalui PROTIKMADIKA

Berbagai kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan ikatan persaudaraan diantara mahasiswa seringkali diadakan, salah satu diantaranya adalah Program Pelatihan Keterampilan Mahasiswa Pendidikan Matematika (PROTIKMADIKA). PROTIKMADIKA tahun ini mengambil tema “Carisma Matematika dalam Simphoni Keakraban Bersama Phy Only”. Peserta kegiatan diutamakan adalah mahasiswa Pendidikan Matematika Angkatan 2018 dan mahasiswa Pendidikan Matematika yang tidak pernah mengikuti kegiatan silaturahmi serupa sebelumnya.
Pembukaan PROTIKMADIKA dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 November 2018. Kegiatan jalin silaturahmi tersebut diadakan selama 2 hari, yaitu pada hari sabtu dan minggu. Kegiatan dipusatkan di dua tempat, yaitu Ruang H3 Universitas Kanjuruhan Malang dan B2TC Karangkates. Kegiatan tidak hanya menumbuhkan silaturahmi antar mahasiswa, tetapi juga mengajak mahasiswa peserta kegiatan untuk belajar mengenal lingkungan di luar kampus, mengasah kemampuan organisasi dan mengembangkan bakat seni/keahlian lainnya yang dimiliki.

Seluruh rangkaian kegiatan PROTIKMADIKA berorientasi pada pengenalan kegiatan kemahasiswaan di kampus Unikama tercinta. Puncak dari kegiatan ini adalah muncul ghirah (semangat) untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (HMPS Pendidikan Matematika) pada khususnya dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pada umumnya.

Sisihkan Perguruan Tinggi Lain, Unikama Bawa Pulang Trophy Gubernur DIY

UNIKAMA– Dalam rangka Milad Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta ke 39 diselenggarakan serangkaianacara Mathematics Education Festival #4 (MEF #4).  salah satunya LombaKarya Tulis Esai Tingkat mahasiswa nasional dengan mengusung tema “Meningkatkan Inovasi PembelajaranMatematika Menuju Generasi Intelektual di Era Revolusi Industri 4.0”.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. Salah satunya perguruan tinggi swasta yang ada di Malang yakni Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama). Tim Unikama terdiri dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika angkatan 2016. Selain itu, aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran (UKMP) yaitu Armando Orlan Nguru, Luluk Qomariyah dan Inti Wijayanti.

Melalui karyanya dengan judul Nus-Trick (Muslihat Nusantara) Inovasi Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Adventure Pada Materi pola bilangan. Dengan judul itu, mereka berhasil merebut posisi pertama dengan menyisihkan finalis lain dari Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Muhamadiyah Surakarta, dan Universitas Ahmad Dahlan.

“Game Nus-trick ini merupakan pembelajaran matematika dengan materi pola bilangan yang berbasis petualangan dengan mengangkat tema nusantara. Desain gamenya memperkenalkan beberapa potensi wilayah di nusantara pada bagian awal tiap level. Tantangannya kita sesuaikan dengan model dan kondisi wilayahnya,” ujar Orlan.

Dengan demikian, Unikama berhasil membawa Trophy Gubernur DIY yang di ikuti Universitas Negeri Yogyakarta juara dua yang berhasil membawa Trophy Wali Kota, dan juara 3 Universitas Ahmad Dahlan berhasil membawa Trophy Rektor Univesitas Ahmad Dahlan.

Orlan menambahkan, perkembangan teknologi sekarang sudah semakin pesat, apalagi Indonsia saat ini sudah memasuki Revolusi Industri 4.0. Jadi pendidikan juga harus mampu berkolaborasi dengan perkembangan IT di RI 4.0. Anak-anak juga sekarang sangat akrab dengan HP, Laptop, Internet. Dengan demikian, Orlan memanfaatkan itu agar anak-anak tidak sekedar bermain hp, laptop, tetapi juga diharapkan bisa belajar melalui itu.

“Kesulitan yangdihadapi, perancangan game yang meliputi penyusunan alur cerita, pembuatandesain game. Tidak hanya itu, pemprograman game itu sendiri mengalami kendaladi pengerjaan. Hal itu dikarenakan waktu pembuatan gamenya tidak cukupakibatnya game pembelajaran Nus-Trick terselsaikan hanya tiga level,” ungkapOrlan. (inka)

Hibah PKM 2018

Dalam rangka menyongsong Hibah PKM 2018, diharapkan agar mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhna Malang yang memenuhi syarat untuk segera mengajukan proposal PKM dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Proposal disusun menurut Pedoman PKM 2017
  2. Proposal dikumpulkan di kantor BAK paling lambat tanggal 8 Desember 2018

Sekian dan terima kasih.

tertanda,

Kaprodi Pendidikan Matematika

Olimpiade Matematika 2018

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang kembali mengadakan kegiatan Olimpiade Matematika 2018. Kegiatan ini terbuka bagi siswa SMP/sederajat dan SMA/SMK sederajat. Informasi lebih lengkap dapat dilihat pada pamflet berikut.