Kuliah Umum Raih PKM Dengan Penulisan Ilmiah Berkualitas”

Kamis, 13 Desember 2018, kuliah umum program studi pendidikan matematika dilaksanakan dengan bertemakan “raih PKM denganpenulisan ilmiah berkualitas”. Pemateri kuliah umum adalah Dr. Eko Suhartono,M.Si dari Universitas Lambung Mangkurat, seorang reviewer PKM nasional yang tidak diragukan lagi kemampuannya.

Pemateri PKM di antara peserta

Dalam penjelasannya, PKM terbagi menjadi 5 bidang yaitu PKM-P (Penelitian), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-T (Penerapan Teknologi),PKM-M (Pengabdian Masyarakat), dan PKM-KC (Karya Cipta). Untuk penelitian(PKM-P) dibedakan menjadi eksakta (PKM-E) dan sosial humaniora (PKM-PSH).Selain itu, dalam PKM juga ada PKM-AI (Artikel Ilmiah) dan PKM-GT (GagasanTertulis). Narasumber dalam pemaparannya juga menjelaskan tiga pilar utama PKMantara lain topik/gagasan, hal yang sudah ada, dan metodologi/eksekusi.

Suasana kuliah umum

Kegiatan kuliah umum berlangsung dengan baik dan dihadiri oleh 50 mahasiswa pendidikan matematika berbagai angkatan. Mahasiswa sebagai peserta kuliah umum juga antusias mengikuti jalannya kuliah umum dari awal hingga acara selesai. Ini terlihat dari banyak dan ragam pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa.

Mahasiswa Baru Jalin Silaturahmi Melalui PROTIKMADIKA

Berbagai kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan ikatan persaudaraan diantara mahasiswa seringkali diadakan, salah satu diantaranya adalah Program Pelatihan Keterampilan Mahasiswa Pendidikan Matematika (PROTIKMADIKA). PROTIKMADIKA tahun ini mengambil tema “Carisma Matematika dalam Simphoni Keakraban Bersama Phy Only”. Peserta kegiatan diutamakan adalah mahasiswa Pendidikan Matematika Angkatan 2018 dan mahasiswa Pendidikan Matematika yang tidak pernah mengikuti kegiatan silaturahmi serupa sebelumnya.
Pembukaan PROTIKMADIKA dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 November 2018. Kegiatan jalin silaturahmi tersebut diadakan selama 2 hari, yaitu pada hari sabtu dan minggu. Kegiatan dipusatkan di dua tempat, yaitu Ruang H3 Universitas Kanjuruhan Malang dan B2TC Karangkates. Kegiatan tidak hanya menumbuhkan silaturahmi antar mahasiswa, tetapi juga mengajak mahasiswa peserta kegiatan untuk belajar mengenal lingkungan di luar kampus, mengasah kemampuan organisasi dan mengembangkan bakat seni/keahlian lainnya yang dimiliki.

Seluruh rangkaian kegiatan PROTIKMADIKA berorientasi pada pengenalan kegiatan kemahasiswaan di kampus Unikama tercinta. Puncak dari kegiatan ini adalah muncul ghirah (semangat) untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (HMPS Pendidikan Matematika) pada khususnya dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pada umumnya.

Hibah PKM 2018

Dalam rangka menyongsong Hibah PKM 2018, diharapkan agar mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhna Malang yang memenuhi syarat untuk segera mengajukan proposal PKM dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Proposal disusun menurut Pedoman PKM 2017
  2. Proposal dikumpulkan di kantor BAK paling lambat tanggal 8 Desember 2018

Sekian dan terima kasih.

tertanda,

Kaprodi Pendidikan Matematika

Olimpiade Matematika 2018

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang kembali mengadakan kegiatan Olimpiade Matematika 2018. Kegiatan ini terbuka bagi siswa SMP/sederajat dan SMA/SMK sederajat. Informasi lebih lengkap dapat dilihat pada pamflet berikut.

Sambut Maba 2018

Kamis, 06 September 2018 telah dilaksanakan salah satu program rutin prodi pendidikan matematika yaitu Sambut Maba. Sambut Maba merupakan program yang dilaksanakan secara bersama-sama antara Program Studi Pendidikan Matematika dengan HMPS Pendidikan Matematika. Sambut Maba dilaksanakan dalam rangka pengenalan tentang prodi pendidikan matematika seperti kegiatan rutin, prestasi, lingkungan kelas, sistem pendidikan, dosen pengajar dan masih banyak lagi. Kegiatan ini dilaksanakan agar mahasiswa baru mampu mengetahui dan beradaptasi dengan sistem belajar lingkungan Prodi Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan.

Salah satu rangkaian kegiatan sambut maba yaitu pembagian dosen pembimbing akademik dan penyusunan Kartu Rencana Studi (KRS). Dalam penyusunan KRS yang berlangsung selama 45 Menit dan dilaksanakan di Gedung Multikultural II Ruang J11, mahasiswa baru dibimbing secara intensif oleh pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, agar tidak terjadi kesalahan dalam pemilihan mata kuliah pada semester awal.

Selain kegiatan penyusunan KRS, dalam acara sambut maba ini juga, dihadiri langsung oleh Kepala Program Studi Pendidikan Matematika Dr. Sri Haryani, S.Pd., M.Pd dan beberapa dosen pendidikan matematika. Dalam sambutannya Dr. Sri Haryani mengatakan bahwa para mahasiswa baru diharapkan tidak hanya aktif dalam dunia akademik, namun juga aktif dan berprestasi dalam unit kegiatan mahasiswa yang diikutinya. Selamat datang mahasiswa baru pendidikan matematika.

Pendaftaran Ujian Skripsi Gelombang 3

Pengumuman

Pendaftaran ujian skripsi gelombang 3 dimulai tanggal 29 Juni – 6 Juli 2018 pada jam kerja di star prodi pendidikan matematika. Adapun syarat-syarat ujian sebagai berikut.

  1. Menyerahkan fotocopy berita acara seminar proposal (1 lembar).
  2. Menyerahkan fotocopy pembayaran skripsi (2 lembar).
  3. Menyerahkan formulir konsultasi bimbingan skripsi (1 lembar).
  4. Menyerahkan fotocopy laporan skripsi jilid kertas warna biru muda (3 eksemplar).

Form pendaftaran dapat diunduh pada tautan berikut.
Semua berkas dikumpulkan di dalam map merah.

tertanda,

Kaprodi