Wawasan dan Pendampingan Penyusunan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Pada tanggal 25 Oktober 2020 telah diadakan acara Wawasan dan Pendampingan Penyusunan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Kanjuruhan secara daring melalui zoom. Acara workshop ini dihadiri oleh 11 Dosen Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan.
Pukul 13.30 WIB acara dibuka oleh moderator, Ibu Rosita Dwi Ferdiani, S.T., M.Pd. yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kaprodi Pendidikan Matematika, Universitas Kanjuruhan, Ibu Dr. Sri Hariyani, M.Pd. Adapun sambutan yang isinya adalah terkait dengan penyusunan kurikulum yang sesuai dengan kondisi lapangan. Dengan adanya acara ini diharapkan dapat bermanfaat dalam penyusunan kurikulum.

Wawasan dan Pendampingan Kurikulum MBKM

Setelah sambutan, dilakukan pemaparan materi yang pertama oleh Ibu Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd., M.A. (dari Universitas Negeri Malang). Materi tersebut meliputi: 1) Management Kampus Berbasis Kebutuhan, 2) Kerangka Pikir Pembangunan Manusia, 3) Transformasi Bidang Pendidikan Tinggi melalui 8 Indikator Kerja Utama, 4) Gambar Sebaran Mata Kuliah S2 Pendidikan Matematika dan 5) Mata Kuliah Transdisipliner. Setelah itu dilakukan sesi tanya jawab oleh peserta dan pemateri.
Acara yang selanjutnya yaitu pemaparan materi oleh pemateri yang kedua, Bapak Dr. Erry Hidayanto, M.Si. (dari Universitas Negeri Malang). Adapun materi yang dibahas adalah tentang sebaran mata kuliah. Setelah itu dilakukan sesi tanya jawab oleh peserta dan pemateri. Acara berakhir pukul 15.10 WIB.

Workshop Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Pada tanggal 24 Oktober 2020 telah diadakan Workshop Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Kanjuruhan Malang secara daring melalui zoom. Acara workshop ini dihadiri oleh 12 Dosen Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan. Pukul 09.00 WIB acara dibuka oleh moderator, Ibu Dra. Retno Marsitin, M.Pd. yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Kanjuruhan, Bapak Dr. I Ketut Suastika, M.Si. Adapun sambutan yang isinya adalah terkait dengan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan yang telah menerima hibah program kerja sama kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Dengan adanya workshop ini diharapkan dapat memberikan pencerahan atau kemudahan dalam melaksanakan program hibah.

Workshop Kurikulum MBKM

Setelah sambutan, dilakukan pemaparan materi workshop oleh Bapak Prof. Dr. Tatag Yuli eko Siswono, M.Pd. (dari Universitas Negeri Surabaya). Materi tersebut tentang Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Studi Pendidikan Matematika yang meliputi: 1) Pendahuluan: Kebijakan MBKM. Kebijakan MBKM merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Mahasiswa selama 1 semester atau setara dengan 20 sks menempuh pembelajaran di luar program studi pada PT yang sama; dan paling lama 2 semester atau setara dengan 40 sks menempuh pembelajaran pada program studi yang sama di PT yang berbeda, pembelajaran pada program studi yang berbeda di PT berbeda; dan/atau pembelajaran di luar PT. 2) Pengembangan Kurikulum. Dalam sub materi pengembangan kurikulum dijelaskan tentang istilah-istilah dalam pengembangan kurikulum seperti profil lulusan, capaian pembelajaran, standar kompetensi lulusan, bahan kajian (subject matters), materi pembelajaran, mata kuliah, pengalaman belajar (learning experience), metoda pembelajaran, bentuk pembelajaran, penilaian, evaluasi pembelajaran, evaluasi program kurikulum, kriteria penilaian (assessment criteria), indikator penilaian, literasi data, literasi teknologi, literasi manusia, kaitan kurikulum dengan SN DIKTI, dokumen kurikulum, tahapan penyusunan dokumen kurikulum, perumusan capaian pembelajaran lulusan (CPL). 3) Penyusunan RPS. 4) Penutup.
Dalam workshop ini juga dilakukan sesi diskusi dan tanya jawab oleh peserta dan pemateri. Acara berakhir pukul 11.10 WIB.

Raih Juara 1, Mahasiswa Unikama Ingin Sadarkan Masyarakat Akan Bahaya Sampah

UNIKAMA – Harumkan nama Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) 2 mahasiswa Unikama kembali torehkan prestasi lewat video edukasi. Muhammad Ali Maksum mahasiswa dan Armando Gianfrancho Orlando Nguru mahasiswa semester 8 Prodi (Program Studi) Pendidikan Matematika ini mengikuti kompetisi ELCCO (Electrical and Computer Competition) yang diadakan oleh HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) Teknik Elektro Universitas Udayana Bali secara online.

“Jadi salah satu cabang lombanya adalah video edukasi dengan tema save the environment for future relation. Dari situ peserta diminta menyampaikan solusi-solusi tentang permasalahan lingkungan saat ini dalam bentuk iklan layanan masyarakat. Hal ini guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan saat ini untuk generasi yang akan datang,” ungkap Muhammad Ali Maksum.

Persiapan yang dilakukan tidak terlalu lama, awalnya mereka melakukan research tentang bahayanya sampah plastik. Setelah itu barulah membuat konsep videonya.

“Setelah mendapatkan data dan melakukan research, kami berfikir kira-kira solusi apa yang bisa kami berikan sebagai generasi sekarang untuk kehidupan yang akan datang. Mulai mengambil data sampai pembuatan video itu kami lakukan selama kurang lebih 7 hari saja,” jelasnya.

Ali yang akrab disapa ini mengaku bahwasannya di Indonesia ini masih banyak orang yang tidak terlalu peduli akan sampah terutama plastik. Padahal, butuh waktu 51 tahun sampah plastik ini terurai.

“Memang masih banyak masyarakat Indonesia yang belum terlalu mempedulikan akan bahayanya sampah plastik ini. Tetapi, ada juga beberapa bahkan anak muda yang melakukan gerakan daur ulang sampah plastik menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual tinggi,” tambahnya.

Sementara itu, Gianfrancho Orlando Nguru mengaku sangat bangga bisa mengharumkan nama Unikama dengan mendapatkan juara 1. Apalagi, video yang dibuat oleh 2 mahasiswa ini sangat mengedukasi sekali.

“Kami memang tertarik dengan subtemanya meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahayanya sampah plastik. Lewat video ini saya berharap bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih menjaga lingkungan. Tidak membuang sampah sembarangan, mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari, dan mendaur ulang plastik agar bisa dimanfaatkan kembali,” tuturnya.

Orlando berharap nantinya mahasiswa Unikama ada yang meneruskan dan mengikuti lomba video ataupun karya tulis ilmiah. Mereka juga harus sering-sering berkolaborasi dengan teman agar menghasilkan suatu karya yang menakjubkan.

Ikuti Paper Competition, Mahasiswa Unikama Ciptakan Teknologi LEMPER untuk Masyarakat

UNIKAMA – Sebagai mahasiswa memang harus miliki kreatifitas tinggi, menciptakan suatu gebrakan baru berbasis teknologi merupakan hal yang sangat membanggakan. Seperti halnya 3 mahasiswa dari Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) Ida Silfia dari Prodi (Program Studi) Pendidikan Matematika, Benyamin Jemat dari Pendidikan Fisika dan Abdullah Mubarok dari Teknik Informatika. Mahasiswa semester 6 tersebut mengikuti Paper Competition bertajuk “JAVANICA” Di balik tanah yang makmur dan berhasil meraih Juara Harapan III, (13-14/03/2020).

“Awalnya kami bertiga menyusun papernya terlebih dahulu. Setelah dinyatakan lolos final, kita buat prototype dari paper tersebut dengan beberapa kali kegagalan. Lewat percobaan berkali-kali, kami bisa membawanya untuk dipamerkan dan dipresentasikan di hadapan juri dan peserta lain,” ungkap Ida Silfia selaku Ketua dari pembuatan paper ini.

Teknologi yang diterapkan dalam paper ini diberi nama LEMPER (Large Epic Machine Pluper). LEMPER ini digunakan untuk pengolahan kopi yang mendapatkan sentuhan Teknologi.

“Kami melihat masih banyak sekali masyarakat, terutama di Desa yang mengolah biji kopi dengan mesin tradisional. Apalagi, kapasitas penggunaannya masih sedikit. Maka dari itu, kami membuat teknologi LEMPER ini guna membantu masyarakat agar lebih mudah memisahkan biji kopi dari kulitnya agar mempermudah mereka saat proses produksi kopi,” paparnya.

Banyak sekali usaha mahasiswa ini untuk mengikuti kompetisi. Membutuhkan banyak sekali persiapan diantaranya belajar untuk presentasi.

“Presentasinya berbeda bukan seperti kita presentasi tugas di perkuliahan. Disini, penjelasan harus detail dan tidak bertele-tele. Kami juga mempraktikkan teknologi LEMPER dihadapan juri. Selain itu, tak lupa juga belajar dan sharing kepada senior yang pernah mengikuti kompetisi semacam ini,” tambahnya.

Sementara itu, Abdullah Mubarok menambahkan bahwa sebagi mahasiswa dan penerus bangsa sudah seharusnya lebih membidik kebutuhan masyarakat.

“Mahasiswa itu harus mulai memfasilitasi apa yang dibutuhkan masyarakat terutama untuk meningkatkan perekonomian. Teknologi sudah semakin canggih, tetapi ada beberapa masyarakat yang belum tersentuh teknologi. Bahkan, mereka merasa teknologi ini terlalu ribet dibandingkan dengan cara tradisional,” ujarnya.

Disitulah peran mahasiswa, yang harus memberikan pengertian kepada masyarakat bahwa teknologi akan membantu dan memudahkan mereka untuk bekerja.

“Kami tidak hanya memberikan pengertian saja, tetapi juga menciptakan teknologi tersebut meskipun skalanya masih kecil. Kami berharap teknologi LEMPER ini bisa lebih disempurnakan lagi agar dapat digunakan dengan skala besar dan bisa digunakan oleh banyak orang,” tutupnya.

Semakin banyak mahasiswa yang kreatif maka, akan semakin sejahtera pula Indonesia. Berawal dari perubahan-perubahan kecil inilah yang akan membantu masyarakat dalam memajukan perekonomian.

Pelaksanaan dan Biaya Wisuda Semester Ganjil 2019/2020

Diberitahukan dengan hormat bahwa pelaksanaan wisuda semester ganjil tahun akademik 2019/2020 direncanakan pada hari Sabtu tanggal 18 April 2020. Adapun pendaftaran wisuda online dimulai pada 24 Februari s/d 9 April 2020 di Kantor BAA Universitas Kanjuruhan Malang pada pukul 08.00 s/d 16.00 WIB. Informasi panduan wisuda online dapat diakses di baa.unikama.ac.id
Persyaratan:

  1. Menyerahkan hasil cetak formulir pendaftaran online
  2. Menunjukkan kuitansi pembayaran wisuda dari CIMB Niaga sebesar Rp1.500.000,00 (satu juta lima ratus ribu rupiah)
  3. Bebas tanggungan keuangan dari BAU
  4. Bukti bebas pinjaman perpustakaan (menyerahkan skripsi + softcopy CD)
  5. Bebas pinjaman koperasi
  6. Bukti penyerahan skripsi dan sumbangan buku dari prodi
  7. Bukti penyerahan jurnal ilmiah + softcopy yang sudah melalui cek plagiasi dari prodi

Demikian informasi ini agar menjadi perhatian. Terima kasih.

tertanda,
Kaprodi.

PELAKSANAAN UAS SEMESTER GANJIL 2019/2020

Sehubungan dengan berakhirnya semester ganjil 2019/2020 maka diberitahukan bahwa Ujian Akhir Semester (UAS) Semester Ganjil 2019/2020 dilaksanakan pada tanggal 06 sampai dengan 12 Januari 2020. Untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan tersebut kami sampaikan hal-hal sebagai berikut.

  1. Daftar hadir UAS dan LJU dapat diabil di kantor FST.
  2. Pelaksanaan UAS menjadi tanggung jawab dosen pengampu mata kuliah
  3. Penggandaan naskah soal dilakukan oleh dosen pengampu mata kuliah.
  4. Apabila jumlah mahasiswa pada mata kuliah yang Bapak/Ibu bina lebih dari 30 orang, dan dirasa perlu, dapat mengajukan pengawas kepada Ketua Program Studi/Koordinator MPK
  5. Dimohon kepada Bapak/Ibu pengawas ujian untuk memeriksa daftar hadir Ujian Akhir Semester dan apabila mahasiswa berstatus UNREG mohon diperkenankan mengikukti UAS.
  6. Jadwal UAS seperti jadwal mata kuliah, kecuali dalam pelaksanaan ada kendala dapat diatur sesuai kesepakatan dengan mahasiswa dan sepengetahuan Ketua Program Studi/Koordinator MPK serta masih dalam rentang waktu UAS.
  7. Pelaksanaan entri nilai dilakukan oleh masing-masing dosen sesuai dengan mata kuliah yang dibina melalui SIAKAD mulai tanggal 06 sampai dengan 19 Januari 2020.
  8. Penyerahan arsip nilai kepada prodi melalui staff prodi mulai tanggal 06 sampai dengan 19 Januari 2020.
  9. Mahasiswa dapat mengikuti UAS apabila kehadiran kuliah minimal 75%
  10. Diharapkan mahasiswa melakukan evaluasi dosen (EVDOS) mulai tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan 12 Januari 2020.

Demikian atas kerjasama dan perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Tertanda,

Kaprodi

DIES NATALIS 15 HMPS PENDIDIKAN MATEMATIKA

Rabu, 27 November 2019 Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Matematika mengadakan acara Dies Natalis ke- 15 di Aula Sarwakirti Universitas Kanjuruhan Malang. Acara tersebut merupakan even penting dan bermakna berbeda bagi HMPS Pendidikan Matematika.

Salah satu acara dies natalis

Seru, karena panitia telah menyiapkan acara Dies Natalis seoptimal mungkin dengan kemeriahan sederetan lomba seperti lomba nasi tumpeng, pentas seni puisi dan tari. Seluruh angkatan yaitu angkatan 2017A, 2017B, 2018 dan 2019 sangat antusias berpartisipasi pada perlombaan yang diadakan. Senyum kebahagiaan terlihat pada wajah-wajah mahasiswa peserta aksi seiring dengan harapan tulus semoga HMPS Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang tetap berjaya sampai akhir masa.

Pemotongan tumpeng oleh Kaprodi

HMPS PENDIDIKAN MATEMATIKA, JAYA JAYA LUAR BIASA.

Pendaftaran Dan Verifikasi Formulir Wisuda T.A 2018/2019 Genap

Dengan ini diberitahukan beberapa hal berikut:

  1. Pendaftaran Online Melalui SIAKAD di Menu Info & Pendaftaran Wisuda.
  2. Pembayaran dilakukan di BANK CIMB-Niaga Sebesar Rp1.500.000,- dengan membawa tagihan setelah daftar Online.
  3. Melengkapi Persyaratan pada Formulir Wisuda Bebas (BAU,Perpus,Prodi).
  4. Formulir harus di Verifikasi Petugas B.A.A Sebelum 11 Oktober 2019.

Demikian pengumuman ini dibuat agar menjadi perhatian. Terima kasih.

tertanda,
Kaprodi

Penyusunan Jadwal Kuliah Semester Ganjil 2019/2020

Berikut disampaikan beberapa hal terkait perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2019/2020 Universitas Kanjuruhan Malang.

  1. Bapak/Ibu kaprodi mohon untuk menggunakan ruangan sesuai dengan pembagian ruang kuliah.
  2. Perubahan/penggantian jadwal temporer akan diijinkan jika disepakati oleh dosen, diketahui oleh Kaprodi/Dekan dan Bagian Monitoring dan Pengajaran, serta disertakan pada jurnal mengajar sebagai lampiran.
  3. Perubahan jadwal secara tetap harus ada revisi SK yang diajukan Kaprodi dan disetujui oleh Dekan.
  4. Bapak/Ibu Kaprodi tinggal menjadwal matakuliah MPK sesuai dengan jadwal dari Koordinator MPK.
  5. Jam belajar mengajar terentang mulai pukul 07.00 WIB – 21.00 WIB (jam ke-1 sampai dengan jam ke-16).
  6. Kuota kelas 35 sampai dengan 45 mahasiswa.
  7. Dimohon jadwal tidak menggunakan jam ke-7 dan jam ke-13.
  8. Pejabat struktural mohon tidak mengajar pada hari Rabu.
  9. Setiap dosen tetap memiliki beban mengajar minimal 12 sks dan maksimal 22 sks (termasuk ekuivalen).
  10. Bagi dosen yang merangkap menjadi pejabat pelaksana administrasi atau unsur penunjang akademik dan staf administrasi mohon dijadwalkan setelah jam 14.00 WIB.
  11. Penyusunan jadwal mulai 12 Agustus sampai dengan 16 Agustus 2019.
  12. Registrasi, penyusunan KRS dan perwalian semester ganjil 2019/2020 dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus sampai dengan 14 September 2019.
  13. Perkuliahan semester ganjil 2019/2020 dilaksanakan pada tanggal 16 September sampai dengan 29 Desember 2019.
WhatsApp chat