Mathematics Smart Challenge (MSC) kembali diselenggarakan pada 16 Desember 2017. Peseta MSC ini meliputi mahasiswa program studi Pendidikan Matematika angkatan 2015 dan 2016. MSC dibagi menjadi dua tipe kompetisi, yaitu Olimpiade dan Kompetisi Pembuatan Media Pembelajaran Manipulatif dan Komputasi.

Sebelum melaksanakan MSC, peserta diberi pembekalan motivasi oleh Alexius Endy Budianto, S.Kom, M.M. dengan tema Membidik Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON-MIPA) 2018 dan Mengembangkan Media Pembelajaran Melalui Mathematics Smart Challenge. Beliau memberi pesan kepada peserta “Satu orang yang berpikir dapat mengalahkan sepuluh orang yang tdak berpikir dan tidak tahu cara berpikir.”.

Suasana Pembukaan Mathematics Smart Challenge

Setelah pembekalan motivasi, peserta langsung memasuki ruangan untuk melaksanakan olimpiade dan mempresentasikan media pembelajaran manipultatif dan komputasi yang dilombakan.

Suasana Olimpiade Matematika
Berbagai alat peraga yang dilombakan pada MSC 2017

Dari 170 peserta, diambil 7 peserta Olimpade dan 7 peserta Kompetisi Pembuatan MediaPembelajaran Manpulatif dan Komputasi sebagai semifinalis. Dari babak semifinal, diambil 3 peserta terbaik sebagai pemenang. Khusus untuk para pemenang olimpiade, akan ada kegiatan keberlanjutan pembinaan menuju ON MIPA 2018.

Para pemenang Mathematics Smart Challenge 2017

Selamat kepada para pemenang.

Mathematic Smart Challenge 2017
WhatsApp chat